ANALISIS KASUS KOMPETISI PADA SPORT DRINK, ENERGI DRINK, DAN VITAMIN-ENHANCED DRINK PT AMERTA INDAH OTSUKA (POCARI SWEAT)


ANALISIS KASUS
KOMPETISI PADA SPORT DRINK, ENERGI DRINK, DAN VITAMIN-ENHANCED DRINK
PT AMERTA INDAH OTSUKA (POCARI SWEAT)

1.1    Profil Perusahaan
PT. Amerta Indah Otsuka merupakan anak  perusahaan Otsuka Pharmaceutical Co., Ltd.,  yaitu sebuah perusahaan yang bergerak di bidang farmasi yang sudah terkenal di Jepang . PT. Amerta Indah Otsuka bergerak dibidang bisnis minuman isotonik. Perusahaan ini dulu belum sebesar dan berkembang dibandingkan saudaranya, PT. Otsuka Indonesia yang lebih dulu masuk ke Indonesia  yang bergerak  dibidang farmasi. PT. Amerta Indah Otsuka merupakan sebuah perusahaaan yang memasarkan produk minuman Pocari Sweat di  Indonesia. Belakangan ini selain memproduksi minuman isotonik dengan merk Pocari Sweat, PT. Amerta Indah Otsuka juga memproduksi makanan ringan berbentuk bar yang terbuat dari tepung kedelai dan buah-buahan asli dengan merk SOYJOY. Pocari sweat mulai masuk  ke pasar Indonesia pada tahun 1990. Pertama kali masuk ke Indonesia  hanya 30.000 kaleng setahun. Ini pun harus didatangkan dari pabrik minuman Pocari Sweat di  Korea Selatan.

1.2    Visi dan Misi
-          Visi PT Amerta Indah Otsuka adalah:
“ menjadikan perusahaan yang brilian, dengan memberikan kontribusi yang signifikan dan terpercaya bagi konsumen serta masyarakat ”
-          Misi PT Amerta Indah Otsuka adalah:
1.      Mengembangkan dan mempertahankan karyawan yang berkualitas tinggi untuk menghasilkan produk berkualitas tinggi
2.      Menjadikan kebutuhan dan kesejahteraan konsumen dan masyarakat sebagai proiritas utama
3.      Menangkap peluang di semua aspek secara tepat dan inovatif untuk kesejahteraan dan kepuasan konsumen serta perkembangan perusahaan
4.      Mengembangkan dan mempertahankan hubungan yang saling menguntungkan dengan rekan bisnis
5.      Menjadi perusahaan yang terpercaya


1.3    Produk
PT Amerta Indah Otsuka memproduksi dua macam produk, yaitu:
1.        POCARI SWEAT
POCARI SWEAT adalah minuman isotonik sebagai pengganti cairan tubuh yang hilang setiap harinya. POCARI SWEAT mengandung mineral elektrolit seperti, Magnesium, Sodium, Kaliun dan Kalsium. Komposisi POCARI SWEAT tersebut mirip dengan cairan tubuh dengan kandungan elektrolit yang seimbang, sehingga dapat diserap lebih cepat dan lebih baik dibandingkan air minum biasa, sehingga dapat mencegah terjadinya dehidrasi berat. Selain itu, dengan kelebihan tersebut, POCARI SWEAT dapat mengembalikan cairan tubuh secara menyeluruh sehingga membuat tubuh terasa lebih segar dan sehat. Berikut ini merupakan kandungan nutrisi yang terdapat dalam 100 ml POCARI SWEAT.
Nutritional Facts per 100 ml:
Electrolytes Concentration mEq/L
Calories
26Kcal
Na+
21.0
Protein
0
K+
5.0
Fat
0
Ca2+
1.0
Sugar
6.7g
Mg2+
0.6
Sodium
49mg
Cl
16.0
Calcium
2mg
Citrate3-
10.0
Potassium
20mg
Lactate+
1.0
Magnesium
0.6mg



2.        SOYJOY
SOYJOY adalah makanan berbentuk bar yang terbuat sepenuhnya dari tepung kedelai dan buah-buahan asli. SOYJOY adalah sebuah konsep baru dan pertama di Indonesia yang menawarkan suatu produk dengan manfaat kedelai dan buah sekaligus menjadi makanan yang sehat dan praktis. SOYJOY terbuat dengan komposisi buah hawthorn berry kering, kismis, tepung kedelai, mentega, buah wolfberry kering, telur, gula, garam, dan perisa.SOYJOY mengandung susu tanpa lemak buatan atau minyak yang terhidrogenisiasi, tanpa zat pewarna dan tanpa zakt perekat. Berikut ini akan dipaparkan kandungan nutrisi dalam satu bar SOYJOY.




KANDUNGAN NUTRISI
TAKARAN SAJI :1 BAR (30g)
ENERGI TOTAL : 140K CALORIES
Protein
4 g
Lemak
6 g
Karbohidrat
16 g
Serat Pangan
3 g
Isoflavon
16 mg


1.4    Bahan Baku yang digunakan dalam Proses Produksi Pocari Sweat
Bahan baku yang digunakan adalah Air Arthesis, yaitu air yang berada 150 m di bawah permukaan tanah atau air yang berada di bawah air permukaan tanah.Pengadaan bahan baku air arthesis ini diambil dari daerah disekitar Surabaya dengan memilih daerah yang memang bagus sunber airnya, dan digunakan juga Garam/natrium, garam yang digunakan adalah garam-garaman yang sesuai dengan kebutuhan tubuh sehingga mampu menggantikan ion tubuh yang hilang. Pengadaan bahan baku garam ini dilakukan didapatkan dari lokal daerah sekitar dan ekspor dari negara Jepang. Gula juga digunakan sebagai bahan baku, gula yang digunakan adalah gula glukosa yang diambil diperusahaan gula lokal.

1.5    Pesaing
Produk PT Amerta Indah Otsuka yang merupakan produk minuman adalah Pocari Sweat. Pocari Sweat ini tergolong dalam kategori sport drink. Di Indonesia, ada juga beberapa minuman sport drink produksi industri lainnya yang dapat menjadi pesaing bagi PT Amerta Indah Otsuka. Pesaing-pesaing tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:
-     Mizone yang merupakan produk dari PT Aqua Golden Missisippi,
-     Powerade dari PT Coca Cola Distribution Indonesia,
-     Hydro Coco yang merupakan produk dari PT Kalbe Farma.
-     Vitazone dari PT Tirta Fresindo Jaya

1.6    Analisis Five Force Model of Competition
Five Force Model of Competiton merupakan sebuah analisis persaingan yang melihat dari beberapa aspek, yaitu persaingan antar perusahaan sejenis, Ancaman pendatang baru, Ancaman produk substitusi (produk pengganti), kekuatan tawar menawar pembeli dan kekuatan tawar menawar pemasok. Masing-masing aspek tersebut akan dibahas pada beberapa tabel sebagai berikut :


Persaingan Antar Perusahaan Sejenis
No.
Indikator
Analisis
Kesimpulan
1
Jumlah pesaing
Berdasarkan produk yang beredar di pasar, terdapat 4 produk sejenis yang merupakan pesaing dari pocari sweat. Menurut Thompson, apabila di dalam pasar hanya terdiri dari 2-4 pesaing, maka persaingan tersebut termasuk dalam kategori rendah.
Persaingan rendah
2
Diferensiasi Produk dengan pesaing
Berdasarkan data yang diperoleh, rata-rata produk dari pesaing di pasar memiliki inovasi produk dengan menambahkan varian rasa ke dalam produk sport drink tersebut, yaitu Powerade dengan varian rasa Grapefruit lemon dan orange, Mizone dengan varian rasa Lychee lemon, Orange lime, Apple guava, mangga kweni, cocopina, Vitazone dengan varian rasa anggur, jeruk, dan sirsak. Menurut Thompson, ketika produk dari pesaing adalah identik, maka persaingan tersebut tergolong kategori tinggi.
Persaingan tinggi
3
Diferensiasi bahan baku
Berdasarkan data yang diperoleh, produk pocari sweat dan keempat pesaingnya rata-rata menggunakan bahan baku yang sama. Hal ini menandakan bahwa diferensiasinya rendah. Dikarenakan diferensiasi rendah, maka persaingan tergolong kategori rendah
Persaingan tinggi
4
Biaya beralih merek
Pembeli akan dikenakan biaya yang rendah apabila beralih ke merek lain
Persaingan tinggi

Ancaman Pendatang Baru
No.
Indikator
Analisis
Kesimpulan
1
Kekuatan brand
Pocari Sweat telah memiliki brand yang kuat di masyarakat untuk produk sport drink. hal ini menjadi salah satu hambatan bagi pendatang baru untuk dapat masuk ke dalam persaingan
Ancaman rendah
2
Kebijakan Pemerintah
Banyaknya program Indonesia sehat dapat mengubah gaya hidup masyarakat Indonesia untuk dapat hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan dan minuman sehat. Sport drink merupakan salah satu minuman yang bagus untuk tubuh, khususnya setelah berolahraga. Hal ini menyebabkan munculnya pendatang baru dengan produk sejenis semakin tinggi.
Ancaman tinggi
3
Kesulitan terkait jaringan distributor atau retailer
Di Indonesia saat ini telah banyak retailer yang terbentu, seperti alfamart, indomart, giant, hypermart, carrefur, dan lain sebagainya. Sehingga kondisi demikian akan mempermudah pendatang baru untuk memasarkan produknya. Dengan mudahnya pendistribusian produk, maka tentunya hal ini akan menjadi salah satu ancaman terkait pendatang baru bagi Pocari Sweat.
Ancaman tinggi

Ancaman Produk Pengganti/Substitusi
No
Indikator
Analisis
Kesimpulan
1
Ketersediaan produk substitusi
Selain Sport Drink, terdapat jenis minuman serupa yang beredar di pasar, yaitu vitamin drink ataupun energy drink. kedua jenis minuman ini dapat dijadikan sebagai minuman alternative lain bagi konsumen yang manfaatnya hampir serupa, yaitu untuk kebugaran tubuh. Selain itu, terdapat minuman alternative lain diluar kategori energy dan vitamin drink, seperti coca-cola, sprite, fanta, teh, dan lain sebagainya. Banyaknya ketersediaan produk pengganti ini, menjadikan sebuah ancaman bagi produk sport drink khususnya Pocari Sweat.
Ancaman tinggi
2
Harga produk pengganti
Berdasarkan data yang diperoleh, harga produk pengganti (seperti energy drink atau vitamun drink) lebih tinggi dibandingkan dengan harga Pocari Sweat yang tergolong dalam kategori Sport Drink.
Ancaman Rendah
3
Biaya bealih ke produk pengganti
Biaya beralihnya konsumen ke produk pengganti dapat dikategorikan tinggi, hal ini dapat didasarkan pada harga produk pengganti yang lebih tinggi daripada produk Pocari Sweat.
Ancaman Rendah

Kekuatan Tawar Menawar Pembeli
No.
Indikator
Analisis
Kesimpulan
1
Jumlah item yang dibeli
Dalam pembelian produk Pocari Sweat, pembeli cenderung membeli dalam jumlah yang sedikit
Kekuatan daya tawar menawar pembeli lemah
2
Biaya beralih ke merek lain
Pembeli akan dikenakan biaya yang rendah apabila beralih ke merek lain
Kekuatan daya tawar menawar pembeli kuat
3
Reputasi merek
Dikarenakan reputasi Pocari Sweat yang sudah meluas di kalangan masyarakat, maka masyarakat akan sulit untuk beralih ke merek lain
Kekuatan daya tawar menawar pembeli lemah



Kekuatan Tawar menawar Pemasok
No.
Indikator
Analisis
Kesimpulan
1
Tingkat dominasi pemasok
 Pemasok tidak didominasi oleh satu pemasok. Dalam hal pemasok ini terutama terkait dengan bahan baku garam dan gula yang menjadi salah satu bahan baku pada saat produksi. Pengadaan bahan baku garam ini didapatkan dari lokal daerah sekitar dan ekspor dari negara Jepang. Begitu pula gula yang diambil dari perusahaan gula lokal.
Kekuatan penawaran pemasok rendah
2
Ketersediaan bahan baku yang diambil dari pemasok
Bahan baku yang digunakan dan yang diambil dari pemasok adalah bahan baku garam dan gula. Dimana bahan baku garam dan gula ini merupakan komoditas yang telah disediakan dari berbagai pemasok di pasar.
Kekuatan penawaran pemasok rendah
3
Biaya beralih ke pemasok lain
Biaya beralih dari satu pemasok ke pemasok lain tidaklah tinggi. Hal ini dikarenakan bahan baku yang digunakan banyak tersedia di pasaran dan akan memudahkan untuk mendapatkan supplier lain
Kekuatan penawaran pemasok rendah

Berdasarkan analisis yang telah dilakukan dengan menggunakan Five Force Model of Competition dapat disimpulkan hasil sebagai berikut:
1.        Terkait tekanan kompetitif di dalam persaingan antara perusahaan sejenis,  maka Persaingan yang dihadapi oleh Produk Pocari Sweat tergolong persaingan yang tinggi.
2.        Terkait tekanan kompetitif atas ancaman pendatang baru, maka Pocari sweat memiliki ancaman yang tinggi terhadap pendatang baru. Hal ini akan menjadi sangat mungkin banyaknya industri-industri baru sejenis yang akan muncul di masa yang akan datang
3.        Terkait tekanan kompetitif atas ancaman produk pengganti, maka Pocari Sweat memiliki ancaman yang rendah. Hal memberikan makna bahwa Pocari Sweat masih  bisa lebih menarik konsumen dibandingkan dengan produk pengganti.
4.        Terkait tekanan kompetitif atas kekuatan daya tawar menawar pembeli, Pocari Sweat memiliki pelanggan dengan daya tawar menawar yang rendah.
5.        Terkait tekanan kompetitif atas kekuatan daya tawar menawar pemasok, Pocari sweat memiliki kekuatan daya tawar menawar yang rendah dengan pemasok. Hal ini dikarenakan bahan baku dalam proses produksi Pocari Sweat tergolong komoditas yang telah disediakan dari berbagai pemasok di pasar.



DAFTAR PUSTAKA


Arthur Thompson, Margaret Peteraf, John Gamble, A.J. Strickland III (2012). Crafting and Executing Strategy. Mc Graw Hill, 18th edition.
www.soyjoy.co.id
www.gebyarcocacola.com
www.mizone.co.id

Komentar

Postingan Populer