ANALISIS KASUS KOMPETISI PADA SPORT DRINK, ENERGI DRINK, DAN VITAMIN-ENHANCED DRINK PT AMERTA INDAH OTSUKA (POCARI SWEAT)
ANALISIS KASUS
KOMPETISI PADA SPORT
DRINK, ENERGI DRINK, DAN VITAMIN-ENHANCED DRINK
PT AMERTA INDAH OTSUKA
(POCARI SWEAT)
1.1
Profil Perusahaan
PT. Amerta Indah Otsuka merupakan anak
perusahaan Otsuka Pharmaceutical Co., Ltd., yaitu sebuah perusahaan yang
bergerak di bidang farmasi yang sudah terkenal di Jepang . PT. Amerta Indah
Otsuka bergerak dibidang bisnis minuman isotonik. Perusahaan ini dulu belum
sebesar dan berkembang dibandingkan saudaranya, PT. Otsuka Indonesia yang lebih
dulu masuk ke Indonesia yang bergerak dibidang farmasi. PT. Amerta
Indah Otsuka merupakan sebuah perusahaaan yang memasarkan produk minuman Pocari
Sweat di Indonesia. Belakangan ini selain memproduksi minuman
isotonik dengan merk Pocari Sweat, PT. Amerta Indah Otsuka juga memproduksi
makanan ringan berbentuk bar yang terbuat dari tepung kedelai dan buah-buahan
asli dengan merk SOYJOY. Pocari sweat mulai masuk ke pasar
Indonesia pada tahun 1990. Pertama kali masuk ke Indonesia hanya 30.000
kaleng setahun. Ini pun harus didatangkan dari pabrik minuman Pocari Sweat
di Korea Selatan.
1.2 Visi dan Misi
-
Visi PT Amerta Indah Otsuka adalah:
“ menjadikan perusahaan yang
brilian, dengan memberikan kontribusi yang signifikan dan terpercaya bagi
konsumen serta masyarakat ”
-
Misi PT Amerta Indah Otsuka adalah:
1. Mengembangkan dan mempertahankan
karyawan yang berkualitas tinggi untuk menghasilkan produk berkualitas tinggi
2. Menjadikan kebutuhan dan
kesejahteraan konsumen dan masyarakat sebagai proiritas utama
3. Menangkap peluang di semua aspek
secara tepat dan inovatif untuk kesejahteraan dan kepuasan konsumen serta
perkembangan perusahaan
4. Mengembangkan dan mempertahankan
hubungan yang saling menguntungkan dengan rekan bisnis
5. Menjadi perusahaan yang
terpercaya
1.3 Produk
PT Amerta Indah Otsuka memproduksi dua macam produk,
yaitu:
1.
POCARI SWEAT
POCARI SWEAT adalah minuman isotonik sebagai pengganti
cairan tubuh yang hilang setiap harinya. POCARI SWEAT mengandung mineral
elektrolit seperti, Magnesium, Sodium, Kaliun dan Kalsium. Komposisi POCARI SWEAT tersebut mirip dengan cairan tubuh dengan kandungan
elektrolit yang seimbang, sehingga dapat
diserap lebih cepat dan lebih baik dibandingkan air minum biasa, sehingga dapat
mencegah terjadinya dehidrasi berat. Selain itu, dengan kelebihan tersebut,
POCARI SWEAT dapat mengembalikan cairan tubuh secara menyeluruh sehingga
membuat tubuh terasa lebih segar dan sehat. Berikut ini merupakan
kandungan nutrisi yang terdapat dalam 100 ml POCARI SWEAT.
Nutritional Facts per 100 ml:
|
Electrolytes Concentration mEq/L
|
||
Calories
|
26Kcal
|
Na+
|
21.0
|
Protein
|
0
|
K+
|
5.0
|
Fat
|
0
|
Ca2+
|
1.0
|
Sugar
|
6.7g
|
Mg2+
|
0.6
|
Sodium
|
49mg
|
Cl
|
16.0
|
Calcium
|
2mg
|
Citrate3-
|
10.0
|
Potassium
|
20mg
|
Lactate+
|
1.0
|
Magnesium
|
0.6mg
|
|
|
2.
SOYJOY
SOYJOY adalah makanan
berbentuk bar yang terbuat sepenuhnya dari tepung kedelai dan buah-buahan asli.
SOYJOY adalah sebuah konsep baru dan pertama di Indonesia yang menawarkan suatu
produk dengan manfaat kedelai dan buah sekaligus menjadi makanan yang sehat dan
praktis. SOYJOY terbuat dengan komposisi buah hawthorn berry kering, kismis,
tepung kedelai, mentega, buah wolfberry kering, telur, gula, garam, dan
perisa.SOYJOY mengandung susu tanpa lemak buatan atau minyak yang
terhidrogenisiasi, tanpa zat pewarna dan tanpa zakt perekat. Berikut ini akan
dipaparkan kandungan nutrisi dalam satu bar SOYJOY.
KANDUNGAN NUTRISI
|
TAKARAN SAJI :1 BAR (30g)
ENERGI TOTAL : 140K CALORIES
|
Protein
|
4 g
|
Lemak
|
6 g
|
Karbohidrat
|
16 g
|
Serat Pangan
|
3 g
|
Isoflavon
|
16 mg
|
1.4 Bahan Baku yang digunakan dalam Proses Produksi Pocari
Sweat
Bahan baku yang digunakan adalah Air Arthesis, yaitu
air yang berada 150 m di bawah permukaan tanah atau air yang berada di bawah
air permukaan tanah.Pengadaan bahan baku air arthesis ini diambil dari daerah
disekitar Surabaya dengan memilih daerah yang memang bagus sunber airnya, dan
digunakan juga Garam/natrium, garam yang digunakan adalah garam-garaman yang
sesuai dengan kebutuhan tubuh sehingga mampu menggantikan ion tubuh yang
hilang. Pengadaan bahan baku garam ini dilakukan didapatkan dari lokal daerah
sekitar dan ekspor dari negara
Jepang. Gula juga digunakan sebagai bahan baku, gula yang digunakan
adalah gula glukosa yang diambil diperusahaan gula lokal.
1.5 Pesaing
Produk PT Amerta Indah Otsuka
yang merupakan produk minuman adalah Pocari Sweat. Pocari Sweat ini tergolong
dalam kategori sport drink. Di Indonesia, ada juga beberapa minuman sport drink
produksi industri lainnya yang dapat menjadi pesaing bagi PT Amerta Indah
Otsuka. Pesaing-pesaing tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:
- Mizone yang merupakan produk dari
PT Aqua Golden Missisippi,
- Powerade dari PT Coca Cola
Distribution Indonesia,
- Hydro Coco yang merupakan produk
dari PT Kalbe Farma.
- Vitazone dari PT Tirta Fresindo
Jaya
1.6 Analisis Five
Force Model of Competition
Five Force Model of Competiton merupakan sebuah analisis
persaingan yang melihat dari beberapa aspek, yaitu persaingan antar perusahaan
sejenis, Ancaman pendatang baru, Ancaman produk substitusi (produk pengganti),
kekuatan tawar menawar pembeli dan kekuatan tawar menawar pemasok. Masing-masing
aspek tersebut akan dibahas pada beberapa tabel sebagai berikut :
Persaingan Antar Perusahaan Sejenis
No.
|
Indikator
|
Analisis
|
Kesimpulan
|
1
|
Jumlah pesaing
|
Berdasarkan produk yang beredar
di pasar, terdapat 4 produk sejenis yang merupakan pesaing dari pocari sweat.
Menurut Thompson, apabila di dalam pasar hanya terdiri dari 2-4 pesaing, maka
persaingan tersebut termasuk dalam kategori rendah.
|
Persaingan rendah
|
2
|
Diferensiasi Produk dengan
pesaing
|
Berdasarkan data yang
diperoleh, rata-rata produk dari pesaing di pasar memiliki inovasi produk
dengan menambahkan varian rasa ke dalam produk sport drink tersebut, yaitu
Powerade dengan varian rasa Grapefruit lemon dan orange, Mizone dengan varian
rasa Lychee lemon, Orange lime, Apple guava, mangga kweni, cocopina, Vitazone
dengan varian rasa anggur, jeruk, dan sirsak. Menurut Thompson, ketika produk
dari pesaing adalah identik, maka persaingan tersebut tergolong kategori
tinggi.
|
Persaingan tinggi
|
3
|
Diferensiasi bahan baku
|
Berdasarkan data yang
diperoleh, produk pocari sweat dan keempat pesaingnya rata-rata menggunakan
bahan baku yang sama. Hal ini menandakan bahwa diferensiasinya rendah.
Dikarenakan diferensiasi rendah, maka persaingan tergolong kategori rendah
|
Persaingan tinggi
|
4
|
Biaya beralih merek
|
Pembeli akan dikenakan biaya
yang rendah apabila beralih ke merek lain
|
Persaingan tinggi
|
Ancaman Pendatang Baru
No.
|
Indikator
|
Analisis
|
Kesimpulan
|
1
|
Kekuatan brand
|
Pocari Sweat telah memiliki
brand yang kuat di masyarakat untuk produk sport drink. hal ini menjadi salah
satu hambatan bagi pendatang baru untuk dapat masuk ke dalam persaingan
|
Ancaman rendah
|
2
|
Kebijakan Pemerintah
|
Banyaknya program Indonesia
sehat dapat mengubah gaya hidup masyarakat Indonesia untuk dapat hidup sehat
dengan mengkonsumsi makanan dan minuman sehat. Sport drink merupakan salah
satu minuman yang bagus untuk tubuh, khususnya setelah berolahraga. Hal ini
menyebabkan munculnya pendatang baru dengan produk sejenis semakin tinggi.
|
Ancaman tinggi
|
3
|
Kesulitan terkait jaringan
distributor atau retailer
|
Di Indonesia saat ini telah
banyak retailer yang terbentu, seperti alfamart, indomart, giant, hypermart,
carrefur, dan lain sebagainya. Sehingga kondisi demikian akan mempermudah
pendatang baru untuk memasarkan produknya. Dengan mudahnya pendistribusian
produk, maka tentunya hal ini akan menjadi salah satu ancaman terkait
pendatang baru bagi Pocari Sweat.
|
Ancaman tinggi
|
Ancaman Produk Pengganti/Substitusi
No
|
Indikator
|
Analisis
|
Kesimpulan
|
1
|
Ketersediaan produk substitusi
|
Selain Sport Drink, terdapat
jenis minuman serupa yang beredar di pasar, yaitu vitamin drink ataupun
energy drink. kedua jenis minuman ini dapat dijadikan sebagai minuman
alternative lain bagi konsumen yang manfaatnya hampir serupa, yaitu untuk
kebugaran tubuh. Selain itu, terdapat minuman alternative lain diluar
kategori energy dan vitamin drink, seperti coca-cola, sprite, fanta, teh, dan
lain sebagainya. Banyaknya ketersediaan produk pengganti ini, menjadikan
sebuah ancaman bagi produk sport drink khususnya Pocari Sweat.
|
Ancaman tinggi
|
2
|
Harga produk pengganti
|
Berdasarkan data yang
diperoleh, harga produk pengganti (seperti energy drink atau vitamun drink)
lebih tinggi dibandingkan dengan harga Pocari Sweat yang tergolong dalam
kategori Sport Drink.
|
Ancaman Rendah
|
3
|
Biaya bealih ke produk
pengganti
|
Biaya beralihnya konsumen ke
produk pengganti dapat dikategorikan tinggi, hal ini dapat didasarkan pada
harga produk pengganti yang lebih tinggi daripada produk Pocari Sweat.
|
Ancaman Rendah
|
Kekuatan Tawar Menawar Pembeli
No.
|
Indikator
|
Analisis
|
Kesimpulan
|
1
|
Jumlah item yang dibeli
|
Dalam pembelian produk Pocari
Sweat, pembeli cenderung membeli dalam jumlah yang sedikit
|
Kekuatan daya tawar menawar
pembeli lemah
|
2
|
Biaya beralih ke merek lain
|
Pembeli akan dikenakan biaya
yang rendah apabila beralih ke merek lain
|
Kekuatan daya tawar menawar
pembeli kuat
|
3
|
Reputasi merek
|
Dikarenakan reputasi Pocari
Sweat yang sudah meluas di kalangan masyarakat, maka masyarakat akan sulit
untuk beralih ke merek lain
|
Kekuatan daya tawar menawar
pembeli lemah
|
Kekuatan Tawar menawar Pemasok
No.
|
Indikator
|
Analisis
|
Kesimpulan
|
1
|
Tingkat dominasi pemasok
|
Pemasok tidak didominasi oleh satu pemasok.
Dalam hal pemasok ini terutama terkait dengan bahan baku garam dan gula yang
menjadi salah satu bahan baku pada saat produksi. Pengadaan bahan baku garam ini didapatkan dari lokal daerah sekitar dan ekspor dari negara
Jepang. Begitu pula gula yang diambil dari
perusahaan gula lokal.
|
Kekuatan penawaran pemasok
rendah
|
2
|
Ketersediaan bahan baku yang
diambil dari pemasok
|
Bahan baku yang digunakan dan
yang diambil dari pemasok adalah bahan baku garam dan gula. Dimana bahan baku
garam dan gula ini merupakan komoditas yang telah disediakan dari berbagai pemasok
di pasar.
|
Kekuatan penawaran pemasok
rendah
|
3
|
Biaya beralih ke pemasok lain
|
Biaya beralih dari satu pemasok
ke pemasok lain tidaklah tinggi. Hal ini dikarenakan bahan baku yang
digunakan banyak tersedia di pasaran dan akan memudahkan untuk mendapatkan
supplier lain
|
Kekuatan penawaran pemasok
rendah
|
Berdasarkan analisis yang telah
dilakukan dengan menggunakan Five Force Model of Competition dapat disimpulkan
hasil sebagai berikut:
1.
Terkait tekanan kompetitif di dalam persaingan
antara perusahaan sejenis, maka
Persaingan yang dihadapi oleh Produk Pocari Sweat tergolong persaingan yang
tinggi.
2.
Terkait tekanan kompetitif atas ancaman pendatang
baru, maka Pocari sweat memiliki ancaman yang tinggi terhadap pendatang baru.
Hal ini akan menjadi sangat mungkin banyaknya industri-industri baru sejenis
yang akan muncul di masa yang akan datang
3.
Terkait tekanan kompetitif atas ancaman produk
pengganti, maka Pocari Sweat memiliki ancaman yang rendah. Hal memberikan makna
bahwa Pocari Sweat masih bisa lebih
menarik konsumen dibandingkan dengan produk pengganti.
4.
Terkait tekanan kompetitif atas kekuatan daya tawar
menawar pembeli, Pocari Sweat memiliki pelanggan dengan daya tawar menawar yang
rendah.
5.
Terkait tekanan kompetitif atas kekuatan daya tawar
menawar pemasok, Pocari sweat memiliki kekuatan daya tawar menawar yang rendah
dengan pemasok. Hal ini dikarenakan bahan baku dalam proses produksi Pocari
Sweat tergolong komoditas yang telah disediakan dari berbagai pemasok di pasar.
DAFTAR PUSTAKA
Arthur Thompson, Margaret Peteraf, John Gamble, A.J.
Strickland III (2012). Crafting and
Executing Strategy. Mc Graw Hill, 18th edition.
www.soyjoy.co.id
www.gebyarcocacola.com
www.mizone.co.id
Komentar
Posting Komentar