Pengertian Manajer
1. Manajemen sumber daya manusia adalah suatu ilmu
yang mengatur tentang hubungan dan peranan tenaga kerja yang dimiliki oleh
individu secara efisien dan efektif, serta dapat digunakan secara maksimal
sehingga dapat tercapai tujuan bersama dalam suatu organisasi atau perusahaan.
Perencanaan Manajemen SDM adalah suatu proses dalam menentukan kebutuhan
tenaga kerja dan berarti mempertemukan kebutuhan tersebut agar pelaksanaannya
sesuai dengan rencana organisasi atau perusahaan.
Perencanaan sumber daya manusia atau perencanaan tenaga kerja merupakan
serangkaian kegiatan yang dilakukan untuk mengantisipasi permintaan-permintaan
bisnis dan lingkungan pada organisasi di waktu yang akan datang dan untuk
memenuhi kebutuhan-kebutuhan tenaga kerja yang ditimbulkan oleh kondisi-kondisi
tersebut.
Berdasarkan pengertian dari perencanaan sumber daya manusia dapat
memecahkan kasus perusahaan Benar Benar Mabok yang mana bermuara pada pemilihan
pemimpin yang tidak sesuai dengan kemampuan dari calon manajer. Kriteria yang
seharusnya dimiliki tidak dapat dipenuhi tetapi Narji masih tetap terpilih
menjadi manjer baru karena memiliki relasi yang baik dengan atasan pabrik.
Seharusnya dalam pemilihan manajer atasan pabrik tidak mengutamakan kepentingan
pribadi dibandingkan kepentingan perusahaan, yang mana perusahaan membutuhkan
manjer yang berpengalaman dan ahli di bidangnya.
2.
Ada empat prinsip pengembangan
terhadap manajemen sumber daya manusia yaitu:
a.
Sumber daya manusia
adalah merupakan kekayaan yang paling penting, yang dimiliki oleh suatu
organisasi. Sedangkan manajemen yang efektif adalah kunci bagi keberhasilan
organisasi tersebut.
b.
Keberhasilan sangat
mungkin dicapai manakala peraturan atau kebijaksanaan dan prosedur serta
mekanisme kerja yang bertalian dengan manusia dan perusahaan tersebut saling
berhubungan dan memberikan sumbangan terhadap pencapaian strategis.
c.
Budaya dan nilai
perusahaan, suasana organisasi dan perilaku manajerial yang berasal dari kultur
tersebut akan memberikan pengaruh yang besar terhadap hasil pencapaian terbaik.
d.
Manajemen sumber daya
manusia berhubungan secara integrasi yang dapat menjadikan semua anggota
organisasi terlibat untuk mencapai tujuan yang diinginkan.
Berdasarkan kasus di perusahaan Benar Benar Mabok,
perusahaan itu melanggar keempat prinsip – prinsip SDM yang mana menimbulkan
penyimpangan yang berkelanjutan yang mana akan merembet terhadap kinerja
karyawan. Karena komunikasi karyawan dengan manajer tidak berjalan dengan baik.
Dan kinerja pada perusahaan tersebut akan menurun karena manajer baru tidak
memiliki kemampuan dibidangnya.
3.
Pemimpin
informal ialah orang yang tidak mendapatkan
pengangkatan formal sebagai pemimpin, namum karena ia memiliki sejumlah
kualitas unggul, dia mencapai kedudukan sebagai orang yang mampu mempengaruhi
kondisi psikis dan perilaku suatu kelompok atau masyarakat.
Pemimpin Informal :
1.
Tidak memiliki penunjukan formal
atau legitimitas sebagai pemimpin.
2.
Kelompok rakyat atau masyarakat
menunjuk dirinya, dan mengakuinya sebagai pemimpin.
3.
Dia tidak mendapatkan dukungan
dari suatu organisasi dalam menjalankan tugas kepemimpinannya.
4.
Biasanya tidak mendapatkan
imbalan balas jasa, atau imbalan jasa itu diberikan secara sukarela.
5.
Tidak dapat di mutasikan, tidak
ada promosi, dan tidak memiliki atasan.
6.
Apabila dia melakukan kesalahan,
dia tidak dapat hukum , hanya saja kepercayaan dan respek orang terhadap
dirinya berkurang.
7.
Status kepemimpinannya
berlangsung selama yang bersangkutan masih mau mengakui dan menerima
pribadinya.
Timbul dihormati walaupun dia hanya sebagai pemimpin
informal, dikarenakan karyawan menganggap Timbul lebih pantas memilki jabatan
sebagai manjer dibandingkan Narji. Timbul lebih berpengalaman dan memilki
hubungan baik dengan karyawan. Pada saat Timbul menjabat sebagai manjer
sementara mengahsilkan kinerja yang leih baik pada perusahaan.
4.
Dapat
mempertahankan produksi apabila manjer baru dapat mengelola kinerja karyawan dengan baik untuk meningkatkan
produksi perusahaan, dapat meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produk
yang dihasilkan perusahaan. Apabila manjer baru tidak dapat mengelola kinerja
karyawan dengan baik maka produksi tidak dapat dihasilkan secara maksimal.
5.
Pernah, karena
banyaknya kedekatan seseorang dimanfaatkan untuk menempati jabatan yang
seharusnya dia tidak mampu melaksanakan kewajiban dari jabatan yang dia emban.
Komentar
Posting Komentar