Pengertian Manajer



1.      Manajemen sumber daya manusia adalah suatu ilmu yang mengatur tentang hubungan dan peranan tenaga kerja yang dimiliki oleh individu secara efisien dan efektif, serta dapat digunakan secara maksimal sehingga dapat tercapai tujuan bersama dalam suatu organisasi atau perusahaan.
Perencanaan Manajemen SDM adalah suatu proses dalam menentukan kebutuhan tenaga kerja dan berarti mempertemukan kebutuhan tersebut agar pelaksanaannya sesuai dengan rencana organisasi atau perusahaan.
Perencanaan sumber daya manusia atau perencanaan tenaga kerja merupakan serangkaian kegiatan yang dilakukan untuk mengantisipasi permintaan-permintaan bisnis dan lingkungan pada organisasi di waktu yang akan datang dan untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan tenaga kerja yang ditimbulkan oleh kondisi-kondisi tersebut.
Berdasarkan pengertian dari perencanaan sumber daya manusia dapat memecahkan kasus perusahaan Benar Benar Mabok yang mana bermuara pada pemilihan pemimpin yang tidak sesuai dengan kemampuan dari calon manajer. Kriteria yang seharusnya dimiliki tidak dapat dipenuhi tetapi Narji masih tetap terpilih menjadi manjer baru karena memiliki relasi yang baik dengan atasan pabrik.
Seharusnya dalam pemilihan manajer atasan pabrik tidak mengutamakan kepentingan pribadi dibandingkan kepentingan perusahaan, yang mana perusahaan membutuhkan manjer yang berpengalaman dan ahli di bidangnya.
2.      Ada empat prinsip pengembangan terhadap manajemen sumber daya manusia yaitu:
a.       Sumber daya manusia adalah merupakan kekayaan yang paling penting, yang dimiliki oleh suatu organisasi. Sedangkan manajemen yang efektif adalah kunci bagi keberhasilan organisasi tersebut.
b.      Keberhasilan sangat mungkin dicapai manakala peraturan atau kebijaksanaan dan prosedur serta mekanisme kerja yang bertalian dengan manusia dan perusahaan tersebut saling berhubungan dan memberikan sumbangan terhadap pencapaian strategis.
c.       Budaya dan nilai perusahaan, suasana organisasi dan perilaku manajerial yang berasal dari kultur tersebut akan memberikan pengaruh yang besar terhadap hasil pencapaian terbaik.
d.      Manajemen sumber daya manusia berhubungan secara integrasi yang dapat menjadikan semua anggota organisasi terlibat untuk mencapai tujuan yang diinginkan.
Berdasarkan kasus di perusahaan Benar Benar Mabok, perusahaan itu melanggar keempat prinsip – prinsip SDM yang mana menimbulkan penyimpangan yang berkelanjutan yang mana akan merembet terhadap kinerja karyawan. Karena komunikasi karyawan dengan manajer tidak berjalan dengan baik. Dan kinerja pada perusahaan tersebut akan menurun karena manajer baru tidak memiliki kemampuan dibidangnya.
3.      Pemimpin informal ialah orang yang tidak mendapatkan pengangkatan formal sebagai pemimpin, namum karena ia memiliki sejumlah kualitas unggul, dia mencapai kedudukan sebagai orang yang mampu mempengaruhi kondisi psikis dan perilaku suatu kelompok atau masyarakat.
Pemimpin Informal :
1.      Tidak memiliki penunjukan formal atau legitimitas sebagai pemimpin.
2.      Kelompok rakyat atau masyarakat menunjuk dirinya, dan mengakuinya sebagai pemimpin.
3.      Dia tidak mendapatkan dukungan dari suatu organisasi dalam menjalankan tugas kepemimpinannya.
4.      Biasanya tidak mendapatkan imbalan balas jasa, atau imbalan jasa itu diberikan secara sukarela.
5.      Tidak dapat di mutasikan, tidak ada promosi, dan tidak memiliki atasan.
6.      Apabila dia melakukan kesalahan, dia tidak dapat hukum , hanya saja kepercayaan dan respek orang terhadap dirinya berkurang.
7.      Status kepemimpinannya berlangsung selama yang bersangkutan masih mau mengakui dan menerima pribadinya.
Timbul dihormati walaupun dia hanya sebagai pemimpin informal, dikarenakan karyawan menganggap Timbul lebih pantas memilki jabatan sebagai manjer dibandingkan Narji. Timbul lebih berpengalaman dan memilki hubungan baik dengan karyawan. Pada saat Timbul menjabat sebagai manjer sementara mengahsilkan kinerja yang leih baik pada perusahaan.
4.      Dapat mempertahankan produksi apabila manjer baru dapat mengelola kinerja  karyawan dengan baik untuk meningkatkan produksi perusahaan, dapat meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produk yang dihasilkan perusahaan. Apabila manjer baru tidak dapat mengelola kinerja karyawan dengan baik maka produksi tidak dapat dihasilkan secara maksimal.
5.      Pernah, karena banyaknya kedekatan seseorang dimanfaatkan untuk menempati jabatan yang seharusnya dia tidak mampu melaksanakan kewajiban dari jabatan yang dia emban.

Komentar

Postingan Populer