Motivasi



1.      Motivasi dapat berupa motivasi intrinsic dan ekstrinsic. Motivasi yang bersifat intinsik adalah manakala sifat pekerjaan itu sendiri yang membuat seorang termotivasi, orang tersebut mendapat kepuasan dengan melakukan pekerjaan tersebut bukan karena rangsangan lain seperti status ataupun uang atau bisa juga dikatakan seorang melakukan hobbynya. Sedangkan motivasi ekstrinsik adalah manakala elemen elemen diluar pekerjaan yang melekat di pekerjaan tersebut menjadi faktor utama yang membuat seorang termotivasi seperti status ataupun kompensasi.
Berdasarkan teori motivasi PLN cabang tabanan seharusnya perusahaan memenuhi kebutuhan fisiologis karyawan. Oleh karena setiap karyawan memiliki kebutuhan fisiologis maka pihak manajemen perlu memperhatikan pemberian penghasilan bagi setiap karyawan. Perhatikan agar tidak ada keterlambatan serta pengurangan-pengurangan yang tidak perlu.Perusahaan juga harus memenuhi kebutuhan akan rasa aman.Beberapa contoh hal yang membuat karyawan merasa aman adalah ketika ia memiliki jaminan akan kesehatan baik atas dirinya maupun keluarganya, jaminan atas keselamatan atau jaminan atas hari tua. Hal ini juga akan memotivasi karyawan untuk tetap bekerja pada pemberi kerja yang memberi jaminan tersebut.Disamping itu perusahaan juga harus memenuhi kebutuhan akan rasa diterima.Karena rasa diterima dapat ditimbulkan dengan tidak adanya gap yang terlalu jauh antara atasan dan bawahan. Adanya gap yang jauh akan menimbulkan rasa tidak nyaman dalam kerjasama pekerjaan. Seseorang bisa saja mencoba bertahan dalam suatu lingkungan yang kurang nyaman ketika ia membutuhkan penghasilan. Namun begitu hal tersebut terpenuhi maka ia pun akan mencari tempat di mana ia dapat merasa nyaman.Perusahaan juga harus memberikan penghargaan walau bagaimana pun setiap orang menginginkan pengakuan atas setiap hasil kerjanya. Hal ini dapat diberikan dalam bentuk pemberian kompensasi atas segala hasil usaha dan prestasi yang diberikan. Buatlah suatu penilaian yang terstruktur.
Misalnya, bila seorang karyawan dinilai sempurna dalam prestasi kerjanya, maka untuk tahun berikutnya ia akan memperoleh kenaikan gaji 15%. Sedangkan karyawan dengan nilai prestasi sangat baik akan mendapatkan kenaikan gaji 10% dan seterusnya. Oleh karena kebutuhan fisiologis yang terus meningkat, maka karyawan akan berusaha untuk mendapatkan penghasilan yang semakin tinggi.Selain itu perusahaan juga harus memenuhi kebutuhan akan aktualisasi diri.Ketika seseorang telah tercukupi dalam ke-4 kebutuhan di atas maka ia pun akan membutuhkan aktualiasi diri dimana ia diakui sebagai seseorang yang memiliki kontribusi penting atas sebuah perusahaan.
2. Tidak, karena jika perusahaan menerapkan kebijakan seperti kasus diatas maka karyawan hanya akan datang ke kantor untuk sekedar memenuhi daftar hadir karyawan agar karyawan dapat mengikuti undian yang diadakan setiap minggunya. Karyawan juga hanya akan memaksakan diri datang ke kantor.
3. Langkah yang seharusnya dilakukan oleh perusahaan supaya pegawai datang tidak sekedar hadir saja adalah perusahaan seharusnya memberikan pelatihan kerja bagi karyawan agar karyawan tersebut memiliki skill di bidangnya setelah melakukan pelatihan perusahaan harus membagi job description masing-masing karyawan sesuai dengan kemampuan yang dimiliki oleh karyawan tersebut.
4. Mungkin,  karena untuk memotifasi karyawan pihak manajemen menggunakan banyak jenis motivasi, salah satunya yaitu dalam bentuk imbalan atau hadiah untuk menarik karyawan agar lebih rajin dan semangat bekerja.

Komentar

Postingan Populer