Peran Teknologi Informasi Dalam Mendukung Sistem Informasi





  1. Sistem Enterprise resource planning (ERP) dan Modul
Enterprise resource planning merupakan perkembangan terbaru dari suatu pendesainan untuk mengatasi keberadaan dari berbagai macam pengaplikasian sistem yang kurang efisien. Enterprise resource planning menitikberatkan pada kebutuhan cross-functional integration. Dengan demikian pengertian enterprise resource planning dari James A. O’Brien (2009:194) adalah: “enterprise resource planning is a cross-functional enterprise system driven by an integrated suite of software modules that support the basic internal business processes of a company”.
Sedangkan pengertian enterprise resource planning menurut James A. Hall (2009:565) adalah “enterprise resource planning system are multiple module software packages that evolved primarily from traditional manufacturing resource planning (MRP II) systems”. Jadi dapat disimpulkan bahwa sistem enterprise merupakan sistem yang terintegrasi antara modul-modul dalam suatu perusahaan yang digunakan untuk meningkatkan keefisienan pelaksanaan aktivitas operasional dalam suatu perusahaan.
Sistem enterprise resource planning (ERP) merupakan suatu sistem yang mengintegrasikan semua aspek  aktivitas organisasi seperti akuntansi, keuangan, pemasaran, sumber daya manusia, manufaktur, manajemen persedian dan lainnya ke dalam suatu sistem. Sistem ERP mengumpulkan, memproses, dan menyimpan data dan memberikan informasi yang diperlukan manajer dan pihak eksternal untuk mengukur perusahaan. ERP terkordinasi dengan baik menggunakan database terpusat untuk berbagai informasi diseluruh proses bisnis maupun mengkoordinasikan aktivitas. Seperti ditunjukkan dalam Gambar 1.1.
gambar sistem ERP.jpg
Gambar 1.1. Sistem ERP Perusahaan
Sistem ERP bersifat modular, dengan setiap modul menggunakan praktik bisnis terbaik unuk mengotomatiskan proses bisnis standar. Dalam implementasi sistem enterprise resource planning perusahaan mempunyai dua pilihan untuk pengintegrasian sistem informasinya, yaitu:
a.       Push manufacturing, yaitu ramalan penjualan memicu perubahan pada production plan dan barang diproduksi dengan batch yang  besar. Push manufacturing juga sering disebut sebagai Manufacturing Resource Planning (MRP)
b.      Pull manufacturing, yaitu kebalikan dari push manufacturing. Mesin menarik bagian sebelumnya yang telah selesai aktivitasnya. Pull manufacturing juga sering disebut dengan Just-In-Time Manufacturing (JIT).
Dengan implementasi sistem enterprise resource planning perusahaan dapat menghasilkan informasi secara tepat waktu dan saat itu juga karena sistem dalam perusahaan terintegrasi antar bagiannya. Gambaran informasi yang dapat diperoleh perusahaan dapat dilihat pada gambar 1.2.





Gambar 1.2 Business Process Flow
      Sumber : James A. Hall, Accounting Information System, edisi 7, 2009

B.     Vendor ERP
Vendor-vendor yang menjadi pemimpin dalam produk ERP antara lain adalah JD. Edwards, Oracle,PeopleSoft dan Baan. Masing-masing vendor tersebut tentunya memiliki filosofi dasar dan karakteristik khas yang menjadi unggulan dari masing-masing produknya. Dengan memahami informasi mengenai hal tersebut maka para pemimpin dan pemilik bisnis dapat menentukan produk ERP manakah yang kira-kira paling cocok dengan filosofi dasar dan karakteristik perusahaannya. Berikut ini adalah gambaran umum mengenai filosofi dasar serta karakteristik khas dari tiap-tiap produk ERP yang terkemuka saat ini.
1.      SAP. Adalah penguasa pasar produk ERP saat ini. Hasil survey dari beberapa media memperkirakan bahwa lebih dari 10 juta pengguna yang menggunakan lisensi produk ERP dari SAP. Pada awalnya SAP hanya berfokus pada para pelanggan dari kelas ukuran besar namun seiring semakin ketatnya kompetisi dan meningkatnya kesadaran perusahaan-perusahaan kelas kecil-menengah maka fokus pun bergeser ke segmen pasar tersebut. Secara teknis, aplikasi software SAP menggunakan arsitektur 3-tier dan dikembangkan atas beberapa modul. Modul-modul tersebut dapat diterapkan secara penuh atau dapat digunakan secara terpisah yang disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan. Saat ini produk ERP dari SAP sudah mendukung transaksi e-commerce melalui internet. Salah satu manfaat dari modul dukungan e-commerce ini adalah adanya modul SCM (supply chain management) yang terintegrasi dengan para pelanggan SAP lainnya melalui internet.
2.      JD. Edwards. Produk ERP dari JD. Edwards lebih mengedepankan aspek keluwesan (flexibility) dan keterbukaan (interoperability) antar modul aplikasi software di dalamnya. Jika menerapkan solusi ERP dari SAP, klien harus menggunakan modul-modul terstruktur yang dikembangkan secara internal dari vendor tersebut. Sedangkan JD. Edwards mendukung dan mengakomodasi sistem yang mengintegrasikan berbagai modul-modul dari vendor berbeda yang diinginkan oleh pelanggannya. Hal ini tentunya sangat menguntungkan bagi para pelanggan yang ingin mengintegrasikan sistem yang sudah berjalan baik (running well) ke dalam sistem ERP dari JD. Edwards baik dari sisi waktu dan biaya. Sistem yang diterapkan oleh JD. Edwards menggunakan arsitektur yang terpusat namun dalam pengolahan datanya terdistribusi serta didukung layanan fungsi penjelajah yang mengakses berbagai aplikasi software sistem informasi yang terintegrasi dalam jaringan komunikasi data elektronik perusahaan klien. Selain itu dengan filosofi platform terbuka, produk ERP dari JD. Edwards mampu berjalan di hampir setiap jenis platform perangkat keras dan perangkat lunak yang ada. Filosofi platform terbuka dan karakteristik sistem terbuka antar modul aplikasi ini menjadi keunggulan dari produk ERP yang dikembangkan oleh JD. Edwards. Filosofi dan karakteristik tersebut menjadi solusi bagi perusahaan-perusahaan yang masih berkembang. selama ini mayoritas produk ERP dari berbagai vendor hanya menyediakan kemudahan dalam instalasi, konfigurasi dan penyesuaian (customizing) di awal implementasi. Seandainya terjadi perubahan di perusahaan yang berdampak harus diubahnya sistem ERP yang ada maka sering terjadi kesulitan yang cukup tinggi dalam mengubahnya. Bahkan di beberapa kasus, hal tersebut menyebabkan harus dilakukan pembangunan ulang atas sistem ERP yang sudah ada. Maka produk ERP dari JD. Edwards ini sangat cocok bagi perusahaan-perusahaan yang masih berkembang dan sebelumnya sudah banyak mengembangkan berbagai aplikasi software bagi sistem informasi manajemennya. Berbicara mengenai masalah keluwesan dan modularitas yang diusung oleh produk ERP dari JD. Edwards maka gambaran berikut mungkin dapat memberikan bayangan tentang keunggulan sistem tersebut.
Dari sisi antar muka pengguna (user interface) saja, para pengguna dapat melakukan pengaturan tata-letak (layout) hingga detil warna dari tampilan aplikasinya. Bahkan dengan kemudahan fungsionalnya, para manajer bisnis yang mungkin literasi teknisnya di bidang teknologi informasi masih minim, dapat mengakses langsung konfigurasi sistem ERP-nya. Dengan demikian hal tersebut akan mendorong terbentuknya rasa memiliki yang dalam atas sistem ERP yang ada di setiap penggunanya. Hal ini disebabkan mereka dapat dengan mudah mengatur konfigurasi sistemnya sesuai dengan kebutuhan dan seleranya tanpa harus menunggu tim pendukung teknis melakukannya untuk mereka.
Sedangkan dari sisi modularitas sebenarnya hampir sama dengan produk-produk ERP dari vendor lainnya. Yaitu adanya pilihan untuk menggunakan modul-modul tertentu saja yang memang diperlukan oleh klien. Keunggulan modularitas tersebut terlihat saat masa implementasi hingga running-well. Selama masa implementasi, klien diminta untuk menggunakan Industry Pratice Modules (IMP) yang dikembangkan oleh JD. Edwards. Hal ini tentunya sangat menghemat waktu dan biaya karena lebih mudah bagi para pengguna memberikan masukan kepada vendor tentang aplikasi software yang mereka inginkan berdasarkan interaksinya dengan IMP. Masukan-masukan tersebut kemudian dieksekusi dengan memodifikasi modul-modul yang ada dalamIMP hingga tercapainya praktek terbaik yang diinginkan oleh pelanggan dari sistem ERP yang dibangun.
3.      Oracle. Oracle adalah aplikasi database yang pertama kali mengadopsi SQL (structure query language) yang menjadi standar bahasa bagi berbagai DBMS (data base management system) modern. Saat ini Oracle yang didirikan pada tahun 1977 tersebut sudah mengembangkan banyak sekali alat pengembangan aplikasi (applicaton development tools) yang handal dan fungsional selain aplikasi DBMS-nya. Berbekal hal-hal tersebut maka Oracle menawarkan berbagai produk dalam bentuk suite package ERP yang didukung dengan layanan konsultansi, pendidikan dan dukungan sistem di hampir setiap negara di dunia. Keunggulan utama dari produk ERP hasil pengembangan Oracle adalah fokusnya pada solusi e-business terdepan. Dengan kemudahan pengelolaannya yang berbasis internet maka Oracle melampui banyak vendor produk ERP standar yang masih berbasis client-server.
4.      PeopleSoft. Sama seperti JD. Edwards, PeopleSoft mengembangkan aplikasi ERP-nya dengan konsep arsitektur terbuka. Dengan konsep arsitektur terbuka ini memungkinkan para kliennya membangun sistem ERP yang dapat secara mudah terintegrasi dengan sistem-sistem internal yang sudah dibangun sebelumnya. Produk-produk suite aplikasi ERP dari PeopleSoft yang dikembangkan secara modular dan menerapkan platform yang umum digunakan menyebabkan proses implementasi menjadi lebih cepat. Namun yang menjadi nilai lebih dari produk ERP yang dikembangkan oleh PeopleSoft adalah adanya modul perencanaan dan penjadualan yang terintegrasi di dalamnya. Dimana PeopleSoft adalah vendor ERP pertama yang melakukan integrasi modul perencanaan dan penjadualan di muka tersebut dibandingkan kompetitor lainnya.
5.      Baan. Baan adalah vendor spesialis solusi ERP yang sudah beroperasi lebih di 80 negara dan salah satu pemimpin produk terkemuka di Eropa. Produk ERP dari Baan dikembangkan dengan konsep arsitektur terbuka yang tentu saja menyebabkan para kliennya dapat melakukan konfigurasi berbagai aplikasi supaya dapat beroperasi bersama dengan sistem internal yang sudah ada. Keunggulan dari produk ERP-nya adalah best application classevergreen delivery dan maintenance and workflow modelling module. Best application class adalah metode yang dikembangkan oleh Baan dimana produk ERP adalah hasil rakitan dari berbagai komponen terbaik di kelasnya. Komponen aplikasi terbaik di kelasnya tersebut dijamin dengan dukungan diterbitkannya versi terbarunya secara berkelanjutan. Para pengguna jasa dapat memilih solusi aplikasi software canggih milik Baan yang didukung oleh ratusan mitra pengembang teknologi yang bekerja sama dengannya. Sehingga para klien dapat secara efektif melakukan penyesuaian fungsi ERP lembaganya dengan memilih solusi-solusi terbaik dari ratusan vendor pendukung sehingga dapat cocok dengan business roles yang ada. Konsep evergreen delivery memberikan dampak tersedianya berbagai komponen aplikasi canggih baru secara berkelanjutan hasil kesepakatan kerja sama antara Baan dengan para mitra pengembang teknologinya. Sedangkan dari sisi keunikan produk, Baan memiliki dua modul khusus industri yaitu Baan DEMse dan Baan Maintenance. Kedua modul khusus tersebut tentunya menyebabkan Baan dapat melayani kebutuhan tertentu bagi para pelanggannya. Dimana Baan Maintenance adalah modul khusus bagi industri dirgantara dan Baan DEMse adalah modul khusus yang dapat melakukan pemodelan secara grafis untuk memberikan gambaran pengendalian bisnis.
Vendor yang menyediakan paket ERP di Indonesia antara lain adalah IFS, PT Krakatau Information Technology, PT Abas Information System, PT Aksesa Sistimindo Pratama, PT Mincom Indoservices, Global Business Solution, dan lain sebagainya

C.    Keuntungan dalam Penerapan Sistem ERP
Salah satu contoh penggunaan enterprise resource planning adalah computer-integrated manufacturing. Tujuan dari penggunaan computer-integrated manufacturing menurut Romney dan Steinbart (2003:151) adalah:
a.       Mempermudah proses produksi, pendesainan produk dan pengorganisasian suatu pabrik sebagai landasan yang vital untuk automatisasi dan integrasi.
a.       Automatisasi proses produksi dan fungsi bisnis mendukung dengan komputer, mesin dan robot.
b.      Mengintegrasikan semua proses produksi dan aktivitas pendukungnya dengan menggunakan komputer, jaringan telekomunikasi, dan teknologi informasi lainnya.
            Sistem ERP, dengan database terpusat memberikan keuntungan yang signifikan sebagai berikut:
1.      ERP memberikan tampilan tunggal atas data organisasi dan situasi keuangan yang terintegrasi diseluruh perusahaan. Menyimpan semua informasi perusahaan dalam database tunggal memecah hambatan antara departemen dan arus informasi.
2.      Input data diambil atau dikunci sekali, dan tidak berkali-kali, saat dimasukkan ke dalam sistem yang berbeda. Mengunduh data dari satu sistem ke yang lain tidak lagi diperlukan.
3.      Manajemen dapat visibilitas yang lebih besar ke dalam setiap area perusahaan dan kemampuan dalam memonitor yang lebih besar. Karyawan lebih produktif dan efisien karena mereka dapat secara cepat mengumpulkan data dari dalam dan luar departemen mereka.
4.      Organisasi memperoleh pengendalian akses yang lebih baik. ERP dapat mengonsolidasikan berbagai perizinan dan model keamanan ke dalam struktur akses data tunggal.
5.      Prosedur dan laporan yang telah distandarisasi antarunit bisnis. Standarisasi ini khususnya dapat bernilai dengan merger dan akuisisi karena sistem ERP dapat menggantikan sistem yang berbeda dengan sistem tunggal dan bersatu.
6.      Pelayanan yang meningkat karena karyawan dapat dengan cepat mengakses pesanan, persediaan yang tersedia, mengirimkan informs, dan detail transaksi pelanggan sebelumnya.
Kerugian dalam Penerapan Sistem ERP
1.      Biaya perangkat keras ERP, perangkat lunak, dan biaya konsultasi yang lumayan mahal.
2.      Jumlah waktu yang diperlukan dalam memilih dan mengimplementasikan sistem ERP.
3.      Perubahan proses bisnis mengakibatkan adaptasi baru terhadap sistem ERP yang telah ada.
4.      Perekayasaan kembali proses bisnis untuk menyesuaikan dengan standar industri yang telah dideskripsikan oleh sistem ERP dapat menyebabkan hilangnya keuntungan kompetitif
5.      ERP sering terlihat terlalu sulit untuk beradaptasi dengan alur kerja dan proses bisnis tertentu dalam beberapa organisasi
6.      Sistem dapat terlalu kompleks jika dibandingkan dengan kebutuhan dari pelanggan
7.      Data dalam sistem ERP berada dalam satu tempat, contohnya : pelanggan, data keuangan. Hal ini dapat meningkatkan resiko kehilangan informasi sensitif, jika terdapat pembobolan sistem keamanan
Oleh karena sistem ERP sangat kompleks dan mahal, memilih satu bukanlah pekerjaan mudah. Perusahaan harus memastikan bahwa sistem ERP yang dipilih cocok atau sesuai dengan desain industri perusahaan.

Keberhasilan Penerapan Enterprise Resource Planning (ERP)
Ada beberapa hal yang sangat menentukan keberhasilan implementasi sebuah ERP :
  • Bisnis proses yang matang.
Hal ini merupakan suatu syarat mutlak bagi sebuah perusahaan yang akan melakukan implementasi ERP. ERP tidak akan dapat diimplementasikan di sebuah perusahaan yang tidak memiliki bisnis proses yang jelas.
  • Change Managementyang baik.
Tidak dapat dipungkiri, implementasi sebuah sistem akan selalu diikuti dengan perubahan “kebiasaan” dalam perusahaan tersebut.  Change management sangat diperlukan untuk memberi pendidikan kepada pengguna, operator atau siapa pun yang akan bersentuhan langsung dengan sistem yang baru. Harus betul-betul dapat dijelaskan kenapa perusahaan ini perlu mengganti sistemnya,  seberapa efektif sistem baru ini buat  perusahaan, apa masalah-masalah di sistem lama yang dapat dipecahkan oleh sistem baru.
  • Komitmen
Sebuah implementasi ERP dalam perusahaan, pasti akan menyita banyak waktu dan tenaga. Komitmen dari pimpinan perusahaan sampai pengguna yang akan bersentuhan langsung dengan sistem, mutlak sangat diperlukan.
  • Kerjasama
Kerjasama harus dilakukan dengan baik antara internal perusahaan maupun antara perusahaan dengan  konsultan yang melakukan implementasi. Konsultan dan pengguna sudah betul-betul menyatukan visi untuk keberhasilan implementasi ini
  • Good Consultant
Pengalaman konsultan  yang melakukan implementasi juga sangat berpengaruh dalam sebuah implementasi.

Kegagalan Enterprise Resource Planning (ERP) dan Cara Mengatasinya
Beberapa faktor penyebab kegagalan implementasi ERP adalah :
  • Manajemen perubahan dan training.
Biasanya kesulitan terbesar terletak pada perubahan praktek pekerjaan yang harus dilakukan. Disamping itu training yang melibatkan banyak modul seharusnya dilaksanakan seawal mungkin.
  • Perencanaan yang buruk.
Perencanaan harus mencakup beberapa area seperti hal-hal bisnis dan ketersediaan user untuk membuat keputusan pada konfigurasi sistem.
  • Meremehkan keahlian IT.
Implementasi ERP membutuhkan keahlian staff ditingkatkan dengan baik.
  • Manajemen proyek yang buruk.
Hanya sedikit organisasi yang mengimplementasi ERP tanpa melibatkan konsultan. Namun sering kali konsultan melakukan perbuatan yang merugikan kliennya dengan tidak membagi tanggung jawab.
  • Percobaan-percobaan teknologi.
Usaha-usaha untuk membangun interface, merubah laporan-laporan, menyesuaikan software dan merubah data biasanya diremehkan.
  • Rendahnya keterlibatan Eksekutif.
Implementasi membutuhkan keterlibatan eksekutif senior untuk memastikan adaya partisipasi yang terdiri dari bisnis dan IT dan membantu penyelesaian konflik-konflik.
  • Meremehkan sumber daya.
Sebagian besar budget melebihi target terutama untuk manajemen perubahan dan training user, pengujian integrasi, proses-proses pengerjaan ulang, kustomisasi laporan dan biaya konsultan.
  • Evaluasi software yang tidak mencukupi.
Organisasi biasanya tidak cukup memahami apa dan bagaimana software ERP bekerja sampai mereka sepakat untuk membeli.
Untuk mengatasi kendala tersebut, ada beberapa hal yang telah dilakukan, antara lain:
  • Implementasi Change Acceleration Project (CAP) untuk mengelola perubahan-perubahan yang terjadi dalam implementasi ERP.
  • Pendekatan dengan user sebelum penerapan sistem ERP melalui presentasi-presentasi untuk menunjukkan kelebihan-kelebihan implementasi sistem tersebut & melibatkan eksekutif dalam menyelesaikan project yang sedang dijalankan.
  • Pengembangan Sistem Recovery dalam Implementasi ERP.  Merencanakan pembentukkan / pengembangan project harus dengan perencanaan yang matang.

Software Enterprise Resource Planning (ERP)
Berikut ini akan dibahas 3 software ERP yang ada pada saat ini.
  • AXAPTA
Micfosoft Axapta yang saat ini dikenal dengan nama Micfosoft Dynamics Ax adalah sebuah aplikasi bisnis yang dilengkapi banyak fungsi terpadu. Mulai dari modul manufacturing, supply chain management, financial management, sampai dengan business analysis. Sebagaimana software ERP yang lain, Axapta dapat megintegrasikan berbagai bagian dalam perusahaan dan mempercepat penerimaan informasi dari masing-masing bagian sehingga dapat membantu manager dalam pengambilan keputusan. Microsoft Dynamics Ax ini sangat cocok bila digunakan pada perusahaan yang bergerak dalam bidang produksi dan akan sangat membantu bagi perusahaan yang memiliki multi lokasi.
Microsoft Dynamics AX terbagi kedalam berbagai kategori, yaitu : Modul Financial ( buku besar, piutang, dan kewajiban ), Modul Distributon ( pesanan pembeli , persediaan, dan kebutuhan barang baku ), Modul Project ( manajemen proyek )
  • ORACLE ERP
Basis data Oracle adalah basis data relasional yang terdiri dari kumpulan data dalam suatu system manajemen basis data RDBMS. Perusahaan perangkat lunak Oracle pertama kali dikembangkan pada tahun 1977 dan hingga saat ini Oracle memasarkan jenis basis data yang dapat digunakan pada berbagai jenis dan merk platform seperri Mac, LINUX dan Windows, namun yang lebih ditekankan adalah platform menengah seperti UNIX dan LINUX. Hingga saat ini Oracle telah mengeluarkan versi terbarunya yaitu Oracle 11g.
Modul yang terdapat dalam Oracle adalah : Inventary, pembelian, pengelolaan pesanan, BOM, WIP, penetapan biaya, ASCP, MRP, ODP, WMS, AP, AR, GL, FA, CM.
  • SAP
SAP adalah perusahaan software terbesar keempat di dunia yang berpusat di Jerman dan berdiri sejak tahun 1972. SAP menawarkan solusi ERP lengkap dengan modul yang terintegrasi untuk CRM dan SCM. Mereka memiliki solusi yang komprehensif untuk mengatasi kebutuhan industry terutama manufaktur. SAP dapat membantu pengguna dalam mengangani Customer Relationship Management, ERP , Product Lifecycle, Supply Chain Management, dan Supplier Relationship Management. SAP mengutamakan produknya bagi perusahaan kelas menengah ke atas.
Biaya Implementasi Enterprise Resource Planning (ERP)
Berikut merupakan komposisi biaya pada implementasi ERP
Dimana, Secara umum biaya implementasi bervariasi, sebagai berikut:
  • Skala SME (Small-Medium) berkisar dari US$ 30.000 – US$ 700.000
  • Skala Medium berkisar dari US$ 700.000 – US$ 3 juta
  • Skala besar lebih dari US$ 3 juta
Perusahaan Pengguna Enterprise Resource Planning (ERP)
Gambar dibawah ini merupakan beberapa perusahaan yang menerapkan sistem ERP.

  1. Perencanaan dan Keputusan Implementasi ERP
Sistem ERP tidak dapat dilepaskan dari aspek “bestpractices”. ERP berperan sebagai teknologi untuk menjembatani keterkaitan antara teknologi informasi dan bisnis. Diperlukan perencanaan dan pengambilan keputusanyang tepat dan cermat. Sebagai sebuah paket software, implementasi ERP mengacu pada tahapan implementasi software. Aspek yang dikaji dalam setiap tahap meliputi aspek organisasi, teknis, manusia dan informasi.
·         Mekanisme Pengambilan Keputusan
a.    Identifikasi dan Perumusan masalah
b.    Koleksi informasi
c.    Mendefinisikan alternatif
d.   Evaluasi dan perbandingan alternatif
e.    Memilih salah satu solusi
f.     Implementasi solusi yang sudah dipilih
g.    Mengevaluasi implementasi solusi, denganmembandingkan dengan masalah yang sudah diselesaikan
·         Metode Pengembangan Sistem ERP
a.    Membangun Sendiri (In house)
-       Paling sesuai dengan kebutuhan perusahaan
-       Sulit, mahal, lama
b.    Membangun sendiri dengan tambahan dari vendor
-       Menggabungkan manfaat komersial dengan kebutuhanperusahaan
-       Sulit, mahal, lama
c.    Best-of-breed (kombinasi dari berbagai tawaran vendor)
-       Secara teoritis akan menghasilkan sistem yang terbaik
-       Sulit menggabungkan antarmodul, lama, berpotensi tidak efisien
d.   Modifikasi sistem dari vendor
-       Menjaga fleksibilitas dan memanfaatkan pengalaman vendor
-       Biasanya sangat lama
e.       Memilih modul-modul tertentu dari vendor
-       Resiko lebih rendah, relatif cepat dan lebih murah
-       Jika akan dikembangkan pada masa mendatang, akanmenyebabkan waktu implementasi lebih lama dan biayanya menjadi sangat mahal
f.       Menerapkan sistem vendor dengan lengkap
-       Cepat, lebih murah dan efisien
-       Tidak fleksibel
g.      Application service provider
-       Resiko lebih rendah, lebih murah, lebih cepat, sistem relative tidak banyak berubah
-       Tergantung pada perusahaan penyedia jasa, tidak ada kendali,biaya dapat meningkat diluar perkiraan
·         Aspek Evaluasi
a.       Modul
-       Memilih modul yang tersedia
-       Membuat sendiri modul
-       Perlu ditemukan titik temu antara modul dengan organisasi
b.      Fleksibilitas
-       Kemungkinan pengembangan
-       Fokus pada satu sistem atau alternatif sistem
c.       Metode Implementasi
-       Pencarian solusi yang ideal dari beberapa alternatif
·         Kriteria Evaluasi
a.    Functional Fit
b.    Flexibility
-       Kustomisasi
-       Upgrade
-       Internasionalisasi
-       Kemudahan Penggunaan
-       Arsitektur
-       Skalabilitas
-       Keamanan
-       Antarmuka
-       Kebebasan Sistem operasi
-       Database independence
-       Bahasa Pemrograman
c.    Dukungan (Support)
-       Infrastruktur
-       Pelatihan
-       Dokumentasi
d.      Kontinuitas
e.       Partisipasi dan Ukuran Komunitas
-       Struktur proyek
-       Aktivitas komunitas
-       Transparansi
-       Frekuensi update
-       Efek lock-in
f.       Kematangan (maturity)
-       Status pengembangan
-       Situs referensi






















Kasus
Latar Belakang Implementasi ERP pada FoxMeyer

Fox Meyer Drug (FMD) adalah salah satu perusahaan farmasi terbesar di dunia yang mengalami kebangkrutan pada tahun 1996. Salah satu penyebab kebangkrutan FMD adalah karena sebuah kesalahan implementasi pada system enterprise resource planning (ERP) yang mereka punya. FMD memilih SAP R/3 sebagai aplikasi ERP mereka. Pada bulan September 1993, FMD menandatangani kontrak dengan konsultan SAP yaitu Andersen Consulting (Accenture), untuk mengimplementasikan SAP pada proses bisnis mereka. Proyek ini meliputi Supply Chain, Inventory Control, Customer Service, Strategic Planning, Information Systems, Pengiriman, dan Handling.
Karena kompetisi yang ketat, FMD membutuhkan solusi bisnis yang mampu mengakomodasi segala macam kebutuhan bisnisnya. Dengan solusi ini juga diharapkan perusahaan akan mampu mengelola pesanan, persediaan, dan aktivitas penjualan di dalam satu streamline operation serta menyediakan distribusi yang efektif dan efisien dari resep obat yang merupakan sebuah komponen penting di dalam sebuah industry farmasi.
Kegagalan Implementasi ERP
Berikut ini adalah beberapa faktor yang menyebabkan kegagalan dalam implementasi ERP :
1. Keselarasan antara Sistem Informasi, People, dan Business Process
Hal-hal yang menjadi penyebab kegagalan di dalam implementasi ERP ini adalah tidak adanya keterlibatan dari pengguna akhir atau end user. Perencanaan tentang pengimplementasian hanya dilakukan oleh manajemen tingkat atas (upper management) dari FMD, Andersen Consulting, serta orang-orang teknis yang berkepentingan lainnya.Orang-orang yang menjadi end user tidak dilibatkan sehingga terjadi gap yang besar antara pengguna dengan perencana sistem.Kurangnya kerjasama diantara end user juga menjadi salah satu penyebab lainnya.Tidak ada pelatihan khusus untuk para pengguna SAP di FMD.
2. Metode Pengembangan Sistem
Pendekatan implementasi yang digunakan oleh FMD adalah pendekatan bertahap. Pada musim panas tahun 1994, FMD melakukan kontrak dengan Andersen untuk menambah aplikasi pada 6 gudang baru. FMD dan Andersen berencana untuk mengimplementasikan aplikasi pada gudang tersebut untuk January dan February 1995. Salah satu keuntungan yang didapat dari pengembangan sistem secara bertahap ini adalah perusahaan dapat dengan cepat mengidentifikasi jika ada suatu kesalahan pada sistem.Tetapi yang terjadi pada FMD adalah kesalahan itu sudah tidak dapat lagi ditanggulangi karena sudah terlanjur banyak terjadi kesalahan yang mengakibatkan perusahaan rugi sekitar US$ 100 juta.
3. Pemanfaatan Project Management
Project team yang ada tidak dapat bekerja dengan optimal karena tidak adanya komunikasi antara pihak manajemen, tim proyek, dengan pengguna akhir. Hal pertama yang menyebabkan project team tidak bekerja maksimal adalah kesalahan dalam memilih jenis software. SAP R/3 didesain untuk perusahaan manufaktur, bukan untuk perusahaan wholesalers terutama yang membutuhkan banyak transaksi dalam proses bisnisnya. Hal lain dari kegagalan project team ini adalah tidak adanya restrukturisasi proses bisnis yang dikerjakan (change management). SAP tidak terintegrasi karena ketidakmampuan dari FMD untuk merestrukturisasi proses bisnis yang mereka jalankan dengan adanya SAP.
4. Keselarasan antara Company Direction dengan IS Direction
Perusahaan menginginkan solusi yang tepat yang bisa membantu untuk membuat rantai keputusan yang rumit dan meningkatkan penekanan cost. Berdasarkan analisis pada aktivitas Supply Chain, ERP akan memberikan solusi terbaik pada FMD untuk menyediakan informasi yang up-to-date, otomatis, dan mampu untuk mengintegrasikan sistem persediaan barang (inventory). Idealnya adalah perusahaan mampu untuk mengelola pesanan, persediaan, dan aktivitas penjualan ke dalam satu sistem serta menyediakan distribusi yang efektif dan efisien. Kenyataan yang terjadi adalah aplikasi SAP R/3 tidak mampu untuk mengakomodir semua yang menjadi tuntutan dari proses bisnis FMD karena aplikasi SAP R/3 hanya cocok untuk perusahaan murni manufaktur, bukan perusahaan yang juga bertindak sebagai wholesalers dimana banyak terjadi transaksi disana.
5. Tantangan yang Dihadapi Oleh Pengelola Sistem Informasi
Ekspektasi yang tinggi dihadapi oleh para manajer bisnis di FMD sehingga penggunaan SAP R/3 (yang pada masa itu merupakan suatu software yang paling populer) menjadi sedikit dipaksakan. Seiring dengan kebutuhan bisnis yang semakin meningkat, ada semacam keterpaksaan bagi pihak pengembang Sistem Informasi untuk mengimplementasikan SAP R/3 di FMD yang tidak terencana dengan baik. Seharusnya sebelum pengimplementasian dilakukan semacam blueprint bagi rencana yang nantinya akan dilaksanakan.
Pertanyaan :
1.      Apa penyebab terjadinya kegagalan system ERP pad perusahaan Fox Meyer?
a.       Kurangnya keterlibatan dari semua entitas-entitas yang berhubungan dengan proses implementasi ERP.
b.      Tidak adanya koordinasi yang baik dari pihak manajemen atas dan tenaga ahli dengan para pengguna.
c.       Tidak adanya proses controling dan monitoring yang berkelanjutan untuk membantu pelaksanaan implementasi ERP. Hal ini memnyebabkan ketidakkompetenan dari pengguna.
d.      Tidak tepatnya pemilihan software yang akan digunakan dengan mengacu pada kebutuhan dari fungsi / lini dari perusahaan sebagai pengguna. Hal ini juga disebabkan oleh komunikasi yang buruk tentang kebutuhan software yang dibutuhkan antara pihak pengguna.
2.      Langkah apa yang seharusnya dilakukan perusahaan untuk mengatasi kegagalan system tersebut?
a.       Membangun organisasi tim proyek.
Dalam proses implementasi ERP diperlukan sebuah tim yang akan membuat rencana, mengkoordinasi serta mengontrol dalam pelaksanaan penerapan ERP.
b.      Membangun rencana implementasi dan menentukan pendekatan implementasi.
Pada Proses perencanaan dari implementasi ERP diperlukan penentuan pendekatan yang akan digunakan dengan menganalisis kelebihan dan kekurangan serta kendala-kendala yang mungkin dihadapi dalam proses implementasinya sesuai dengan kebutuhan dari perusahaan.
c.       Menentukan kriteria keberhasilan dan metode pengukuranya.
Untuk mengetahui keberhasilan dari proses implementasi diperlukan satuan ukuran kinerja, untuk menilai progress dari pencapaian proses ini.
d.      Melakukan controlling dan Monitoring.
Setelah melakukan semua langkah-langkah di atas, sebagai langkah akhir diperlukan suatu proses controlling dan monitoring atas implementasi yang telah dilaksanakan. Proses ini, membantu dalam menangani permasalahan-permasalahan yang akan muncul dan dapat dengan segera menanganinya sehingga implementasi dari ERP tetap sejalan dengan tujuan dari perusahaan. Dalam hal ini juga mencakup aktivitas maintenance software yang digunakan, pelatihan berkala bagi pengguna sebagai End-User, memberikan tambahan-tambahan yang bersifat cuztomize yang dibutuhkan oleh perusahaan di masa yang akan datang,dll.
3.      Variabel - variael apa yang memiliki pengaruh terhadap karakteristik implementasi ERP pada kasus Fox Meyers?
Critical Succes Factor (CSF) merupakan suatu parameter pengukuran data yang mengukur kinerja dari suatu fungsi ERP dalam perusahaan. Berikut merupakan beberapa variabel yang menjadi kriteria yang mempengaruhi implementasi dari ERP, yaitu:
a.       Management/ organisasi, meliputi : komitmen, edukasi, keterlibatan, pemilihan tim, pelatihan serta peran dan tanggung jawab;
b.      Proses, meliputi: alignment, dokumentasi, integrasi, dan re-desain proses.
c.       Teknologi, meliputi hardware, software, manajemen sistem, dan interface;
d.      Data, meliputi file utama, file transaksi, struktur data, dan maintenance dan integrasi data;
e.       Personel, meliputi: edukasi, pelatihan, pengembangan, skill, dan pengembangan pengetahuan
Dari kriteria diatas Fox Meyer tidak memenuhi beberapa kriteria, yaitu:
a.       Dari segi management/organisasi, kurangnya komitmen dari pengguna yang disebabkan kurangnya edukasi pada para penggunanya (kurangnya kemampuan SDM) dan keterlibatan antara pihak pengguna dalam diskusi awal proyek yang berhubungan dengan kebutuhan aplikasi yang akan digunakan.
b.      Dari segi teknologi dan personel, kecanggihan dari suatu teknologi yang tidak dibarengi dengan kecanggihan atau kompetensi dari SDM membuat tidak adanya keselaran dalam implementasi ERP. Dalam tahap ini juga tidak adanya pengembangan pengetahuan serta skill dari pengguna software dapat menjadi faktor yang mempunyai pengaruh besar dalam proses implementasi.
c.       Variabel lain yang menentukan dari kesuksesan implementasi ini juga dipengaruhi oleh tidak adanya keselarasan dari konsep implementasi yang disesuaikan dengan budaya organisasi, sehingga perubahan yang dibuat entitas lain sebagai pengguna, seperti karyawan tidak akan antusias dalam proses penerapannya.


























Daftar Pustaka

McLeod,Jr. Raymond dan Schell, George. 2004. Sistem Informasi Manajemen. Edisi ke 8 Jakarta: PT Indeks 
Leon, A., 2005 “Enterprise Resources Planning” McGraw-Hill Publishing Company Limited, New Delhi.
Rashid, M. A., L. Hossain and A. University of Sydney 2002. ‘The Evolution of ERP Systems: A Historical.
Wawan, Falahah (2007), Enterpise Resource Planning: Menyelaraskan Teknologi Informasi dengan Strategi Bisnis, Informatika, Bandung.
Xue, Y., et al., 2005 “ERP Implementation Failure in China Case Studies with Implications for ERP Vendors”, International Journal Production Economics.
Yusuf, Y., at al, 2006 “Implementation of Enterprise Resources Planning in China”, International Journal Production Economics.
https://anisahsh.wordpress.com/2015/08/22/penjelasan-erp-enterprise-resource-planning/











Komentar

Postingan Populer